Cara Anak Pintar dalam Belajar

ilustrasi-anak-sehat-gemar-makanAnak pintar adalah dambaan bagi semua orang tua. Artikel ini akan membahas bagaimana cara anak pintar dalam belajar dan juga pada bidang lainya.

Urusan akademik anak memang sangat membuat kita pusing. Bersyukur bila anak kita pandai di bidang akademik maupun non akademik, tapi kalau tidak, ini akan membuat kita berpikir bagaimana cara anak pintar dalam belajar dan mengikuti tuntutan akademik sekolahnya.

Namun bila anda ingin memiliki anak yang pintar dalam bidang akademik dan bidang lainnya, hal ini tidak akan terlepas dari peran anda sebagai orang tua.

Karena seorang anak sangat membutuhkan dorongan dan didikan orang tua dalam menjalani kehidupan mereka. Didiklah anak – anak anda dengan baik, bantu mereka dalam menyelesaikan berbagai persoalan yang mereka hadapi, berikan mereka bimbingan bukan paksaan untuk mengambil suatu keputusan.

Cara Anak Pintar Dalam Belajar

Untuk menjadikan anak anda pintar dalam belajar baik itu akademik maupun hal lainya anda bisa mengikuti cara berikut ini :

  1. Tanamkan Mindset “Belajar itu Penting”

Anda harus menanamkan pada anak anda bahwa belajar itu penting, bahwa pendidikan itu penting. Apapun yang mereka cita – citakan semua dapat digapai dengan belajar. Ilmu adalah bentuk investasi yang paling berharga dalam hidup.

  1. Anda ikut belajar

Ikut belajar disini berarti anda juga harus ikut mengambil peran agar anak dapat rajin dan pintar dalam belajar. Anda dapat menjadi teman saat dia belajar dan juga dapat menjadi guru saat ada suatu hal yang belum anak anda ketahui. Anda juga bisa membantunya untuk mengerjakan PR sekolahnya.

  1. Hadiah atau hukuman

Cara anak pintar dalam belajar juga harus disertai orang tua yang pintar dalam mendidik. Anda dapat memberikan reward pada anak anda bila dia melakukan suatu hal yang baik, baik itu berkaitan dengan akademik nya ataupun dengan hal lainnya.

Selain memberikan hadiah saat dia berbuat suatu yang baik dan benar serta dapat membanggakan anda, anda juga harus bijak dalam memberinya hukuman saat dia melakukan kesalahan.

Jangan biarkan dia terlarut dalam melakukan kesalahan dan tidak menganggap hal itu salah. Berikan pemahaman pada dia agar anak anda mengetahui bahwa hal yang dia lakukan salah, setelah itu anda dapat memberinya hukuman yang sepadan dengan perbuatannya.

Selain tips yang tertulis di atas, anda juga dapat memberikan suplemen madu nutridat untuk menambah nafsu makan anak.

Demikian artikel tentang cara anak pintar dalam belajar semoga artikel ini bermanfaat.