Penyebab Terjadinya Karat Pada Baja Ringan

Penyebab Terjadinya Karat Pada Baja Ringan

Baja ringan merupakan salah satu jenis baja yang saat ini menjadi pilihan sebagian orang di kota Bogor dalam membuat bangunan rumah huni.

Selain karena keawetannya, harga atap baja ringan dari jasa pasang baja ringan Bogor juga lebih terjangkau dibandingkan dengan kayu yang harganya semakin mahal. Bahkan selain digunakan untuk menggantikan kayu atau kaso untuk menopang atap rumah, terkadang baja ringan juga digunakan untuk menggantikan beberapa tulang dinding.

Namun tetap sama saja dengan kayu, keawetan material dari baja ringan juga ditentukan oleh cara perawatannya. Salah satu yang mungkin bisa terjadi yakni korosi atau karat.

Meskipun sebenarnya baja ringan sudah dilapisi oleh zat anti karat, namun bukan berarti menjadi langsung terbebas dari korosi. Oleh karena itu, selain memahami harga atap baja ringan, Anda juga perlu mengetahui hal-hal yang bisa mengakibatkan terjadinya karat:

  1. Terkena panas dan hujan

Sama halnya dengan bahan bangunan lain, pengaruh cuaca baik panas ataupun hujan menjadi hal yang tidak bisa diabaikan. Terlebih lagi karena baja ringan bukanlah material yang diciptakan sebagai bahan yang tahan dari terpaan panas dan hujan. Untuk mencegah hal tersebut terjadi, sebaiknya letakkan baja ringan yang belum terpakai pada ruangan tertutup.

  1. Tergores alat

Perlu Anda ketahui, bahwasanya baja ringan yang terkena goresan akan cepat terpengaruh oleh oksigen. Hal ini akan mempercepat proses oksidasi antara zat kimia pada baja ringan dengan oksigen yang akhirnya menimbulkan karat. Sehingga jika terdapat kerusakan seperti bekas sambungan terbuka, segera lapisi ulang menggunakan cat anti karat.

  1. Air semen

Menggunakan baja ringan untuk pengerjaan bangunan memang membutuhkan kehati-hatian yang ekstra. Sebab jika tidak, maka banyak risiko yang mungkin saja terjadi seperti terkena air semen. Air semen yang menempel pada baja ringan berpotensi merusak lapisan anti karat pada permukaannya.

  1. Larutan asam

Dari beberapa hal di atas, tentu dapat disimpulkan bahwa larutan atau cairan bersifat asam memiliki reaksi kuat saat bersinggungan dengan permukaan baja ringan. Hal ini akan mengakibatkan lapisannya mengelupas dan bisa menyebabkan munculnya karat.

Menggunakan baja ringan memang lebih menguntungkan karena Anda tidak perlu mengeluarkan  banyak uang seperti ketika membeli kayu.

Namun meskipun harga atap baja ringan cukup murah, tentu Anda juga ingin jika bahan bangunan tersebut tetap awet bukan? Nah, oleh karenanya agar lebih awet selalu  hindari hal-hal yang bisa mengakibatkan baja ringan rusak.