Hewan Ternak

Peternakan Sapi Bali Ideal

June 1, 2019

Ingin tahu bagaimana cara perawatan yang ideal untuk peternakan sapi bali? Ternyata cara perawatan yang bagus sangat mempengaruhi kualitas kesehatan sapi bali.

Sebagai salah satu jenis hewan ternak yang memang sulit untuk dirawat kemudian dikembangkan menjadi usaha bisnis. Oleh karena itu, dalam merawatnya memang membutuhkan cara yang khusus.

Dengan demikian kini banyak peternakan sapi bali yang ideal untuk mengembangkan berbagai bisnis peternakan. Untuk merawatnya maka Anda memang harus melakukan berbagai perawatan intensif agar tidak mempengaruhi kualitas kesehatannya menjadi menurun.

Apabila Anda memang belum mengetahui cara beternak sapi maka sebaiknya mempelajarinya terlebih dahulu. Nah, selain itu memang sangatlah diperlukan keseriusan dan sikap konsisten dalam menjalankan bisnis ternak dengan berbagai tips dari agen jual sapi bali yang dapat Anda jalankan.

Perawatan Ideal untuk Peternakan Sapi Bali

Bagaimana si perawatan yang ideal untuk peternakan sapi bali? Apabila Anda belum mengetahuinya maka sebaiknya simaklah penjelasan mengenai ciri-ciri perawatan yang ideal untuk sapi Bali.

  1. Menyiapkan Lokasi dan Konsep Kandang Sapi

Hal pertama yang harus Anda lakukan untuk menjadi peternakan yang ideal adalah membuat konsep kandang sapi yang dibuat jauh dari pemukiman penduduk yang memiliki jarak minimun sekitar 10 meter dari rumah peternakan sapinya.

Berikutnya, ketahui pula lahan pertaniannya agar memiliki jarak yang memang bisa memberikan sedikit halaman di sekitar kandang.

Lokasi kandangnya juga harus mendapatkan mendapatkan sinar matahari yang cukup agar dapat menjaga suhu kandang sapinya. Tetapi, ternyata memang membutuhkan budget cukup besar dalam membuat kandang sapi Bali.

  1. Pemberian Pakan pada Sapi Ternak

Selanjutnya, dalam memberikan pakan pada sapi ternak ternyata juga harus berdasarkan keinginan untuk memproses penggemukan badan. Anda dapat memberikan jenis pakan sayuran hijau yang efektif seperti makanan yang mengandung banyak konsentrat dari ampas tahu, kedelai, bekatul, dan kulit kacang.

Selain itu, Anda juga dapat memberikan makanan dalam bentuk jerami, tebu, daun, dan alang-alang yang merupakan makanan dengan kualitas rendah.

  1. Pemberian zat vitamin, mineral dan protein tambahan

Selanjutnya, Anda juga dapat memberikan zat vitamin, protein, mineral tambahan kepada sapi Bali agar kualitas ketahanan tubuhnya menjadi lebih kuat yaitu dengan memberikan POC NASA secara rutin.

Itulah beberapa penjelasan mengenai cara membuat peternakan sapi bali menjadi berkembang dalam waktu cepat.